BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 31 Oktober 2009

SMANSATAKU

SMANSATA


Sekilas tentang SMA Negeri 1 Taraka (SMANSATA)

SMA Negeri 1 Tarakan, yang biasanya disebut SMANSATA oleh murid-muridnya adalah salah satu sekolah tertua di Kota Tarakan. Sekolah ini didirikan secara resmi pada 1 Agustus 1965 berdasarkan SK Kepala Dirpu No. 18/Dirpu/1965. Dalam bidang kurikulum, SMA Negeri 1 Tarakan selalu mengikuti perubahan yang sudah ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Pada tahun 2002/2003 SMA Negeri 1 Tarakan memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian pada tahun 2006/2007 SMA Negeri 1 Tarakan adalah sekolah pertama yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemudian, SMA Negeri 1 Tarakan mulai menerapkan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), dimana untuk kurikulum pelajaran MIPA merupakan kombinasi antara kurikulum Nasional dan kurikulum Cambridge. Untuk kurikulum Cambridge, SMA Negeri 1 Tarakan telah bekerja sama dengan SMA Negeri 3 Malang sebagai Cambridge Center.
SMA Negeri 1 Tarakan telah memiliki 64 guru dan 22 staf administrasi termasuk keamanan dan cleaning service. Sebagai penunjang, SMA Negeri 1 Tarakan juga dibina oleh komite sekolah dan menyediakan fasilitas yang cukup seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan ICT.

Budaya Mutu dan Logo Sekolah
Setiap sekolah pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Begitu juga dengan SMA Negeri 1 Tarakan. Budaya Mutu SMA Negeri 1 Tarakan yang telah diimplementasikan sejak Mei 2007 adalah :


1. Bersih
2. Dispilin
3. Santun
4. Peduli

Selain itu, SMA Negeri 1 Tarakan juga memiliki logo. Logo SMA Negeri 1 Tarakan diluncurkan pada 31 Agustus 2008. Logo tersebut merupakan karya siswa SMA Negeri 1 Tarakan yaitu, M. Rizky Nugraha, Doni Sutejo, dan Dio Alfanda Fanani.
Keterangan gambar dan warna logo :

1.Ciri seorang siswa yang sedang menuntut ilmu
2.Tanda dari suatu lembaga pendidikan dimana terjadi proses belaar mengajar
3.Belajar di SMA Negeri 1 Taraka bukan hanya bersumber dari buku kurikulum saja, namun juga dari sarana lain sesuai perkembangan jaman (mis: internet)
4.Siap berkompetisi dari level lokal sampai internasional
5.Sebagai ciri khas Tarakan.

0 komentar: